Minggu, 18 November 2012

Festival Jepen 2012


Festival Jepen ke-4 tahun 2012 digelar di Samarinda, Kalimantan Timur, bersamaan dengan Festival Kemilau Benua Etam VII yang bertempat di Hotel Atlit Stadion Madya Sempaja pada tanggal 14-15 November 2012. Peserta berasal dari tuan rumah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan negara tetangga Malaysia atas kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Teri Jepen adalah tarian pergaulan asli dari suku Melayu pesisir di Kalimantan yang juga mempunyai unsur pengaruh Islam. Tari Jepen ditarikan secara enerjik dan menggunakan gerak dasar langkah kaki dan lambaian tangan. Dengan iringan alat musik khas Melayu seperti Gambus dan Ketipung, tarian ini kadang diselingi dengan berbalas pantun.
Tari Jepen awalnya ditarikan sebagai kesenangan saja hingga akhirnya menjadi bagian gaya hidup masyarakat pesisir di Kalimantan. Biasanya jika ada upacara pernikahan atau khitanan para tamu dihibur dengan tarian ini. Konon raja-raja Kutai juga sering menanggap tarian ini pada perayaaan ulang tahunnya atau peringatan Tahun baru Islam. Selain itu Tari Jepen juga ditampilkan untuk menyambut tamu kehormatan.

Juara pertama dalam ajang ini adalah peserta dari Kalimantan Selatan.

(diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di blog Forum Peduli Kota Samarinda! (FPKS) Kirimkan pertanyaan dan saran Anda di pedulikotasamarinda@gmail.com (FPKS) Sesosok mayat mengambang di tepi Sungai Karang Mumus Jl. AM Sangaji Gang 9 pada Minggu (27/3) pagi (FPKS) 27 rumah hangus terbakar di Jl. Cipto Mangunkusumo RT 12 Kel. Harapan Baru, Loa Janan Ilir (27/3) pada pukul 02.00 WITA (FPKS) Angin kencang memporak-porandakan Samarinda pada Sabtu (26/3) siang